Pidato Tuada ULDILTUN pada  Rapat Komisi di Rakernas MA RI 2011

tuadatunJakarta - Rakernas hari ketiga, Selasa, 20 September 2011, Tuada ULDILTUN, Dr. Paulus Efendi Lotulung, SH, menyampaikan ceramahnya mengenai keaktifan hakim dalam proses peradilan. Tuada mengungkapkan bahwa ketika hakim menghadapi kasus-kasus konkrit yang harus diadilinya, dimana hukum yang bersifat statis atau yang menimbulkan ketidak-jelasan dalam mayarakat yang senantiasa berkembang, dan lain sebagainya, maka diperlukan kemampuan berfikir pada hakim untuk mencari hukum dan menemukan hukum solusi dalam kasus yang dihadapinya yang harus dipecahkan dan diputuskan secara tepat dan adil. Itulah yang dinamakan Judicial activism, sebagaimana apa yang selalu diharapkan dari hakim dan peradilan untuk menjawab dan mengisi kekosongan hukum dalam mengikuti pengembangan dan dialektika hukum dalam masyarakat sehingga putusan-putusan peradilan dapat mencerminkan rasa keadilan.

Makalah lengkap serta materi presentasi Tuada ULDILTUN dan materi dapat di lihat pada link di bawah ini.

download makalah

download materi Presentasi

Daftar Nama Penempatan Hakim Baru 2011

Direktorat Pembinaan Tenaga Teknis dan Administrasi Peradilan Tata Usaha Negara mengumumkan penempatan 17 orang hakim baru yang sebelumnya menjabat sebagai calon hakim. Surat tersebut ditandatangani oleh Direktur Binganismin TUN, Oyo Sunaryo, SH, MH pada tanggal 14 September 2011.

Daftar nama hakim dan penempatannya dapat di lihat pada link di bawah ini.

download

Pembentukan Pengadilan TUN Tanjung Pinang dan Pengadilan TUN Serang

Berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2011, telah resmi dibentuk Pengadilan TUN Tanjung Pinang yang daerah hukumnya meliputi wilayah Provinsi Kepulauan Riau dan Pengadilan TUN Serang yang meliputi wilayah Kabupaten dan Kota dalam Provinsi Banten.


Download Kepres Nomor 18 Tahun 2011

Pengumuman Nama Peserta Pelatihan Hukum Lingkungan Tahun 2011

Direktorat Jenderal Badan Peradilan Militer dan Tata Usaha Negara mengirimkan nama-nama Hakim Tingkat Pertama Peradilan Tata Usaha Negara kepada Balitbang Diklat Kumdil MA RI untuk diikutsertakan dalam Pelatihan Hukum Lingkungan 2011.

Adapun surat dan nama peserta dapat di lihat pada link di bawah ini.


download surat

Perubahan Nama Peserta Diklat Pimpinan Pengadilan Tingkat I Peradilan Militer dan TUN 2011

Dengan ini Badan Peradilan Militer dan Tata Usaha Negara memberitahukan adanya perubahan nama peserta Pelatihan Diklat Pimpinan, adapun surat perubahannya dapat dilihat pada link di bawah ini.


download surat

 

 

HUBUNGI KAMI

Ditjen Badilmiltun

Sekretariat Mahkamah Agung RI Lt. 9-10

Jl. A. Yani Kav. 58 ByPass Jakarta Pusat 10510

Telp. 021 - 29079177

Fax. 021 - 3505193

Email. This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Statistik Pengunjung

Hari Ini3586
Kemarin3629
Total Pengunjung240991

Informasi Pengunjung

  • Alamat IP Anda 18.204.229.70
  • Browser: Unknown
  • Browser Version:
  • Operating System: Unknown

4
Online

Login